Metabolisme gliserol

Klasifikasi lemak terdiri dari: Bila sel tidak membutuhkan energi, asetil KoA yang berasal dari oksidasi asam lemak akan membentuk lemak, seperti halnya asetil KoA yang dibentuk dari kelebihan karbohidrat.

Lemak mempunyai sifat umum yang relatif tidak larut dalam air dan larut dalam pelarut non polar seperti eter, kloroform dan benzena. Selanjutnya asam-asam lemak dan gliserol tersebut, dibentuk kembali menjadi simpanan trigliserida. Struktur dasar darikolesterol Kolesterol merupakan bagian dari membran sel Steroid Beberapa hormon reproduktif merupakan steroid, misalnya testosteron dan progesteron.

Jika sumber energi dari karbohidrat telah mencukupi, maka asam lemak mengalami metabolisme gliserol yaitu membentuk ester dengan gliserol menjadi trigliserida sebagai cadangan energi jangka panjang.

Di sisi lain, jika kebutuhan energi sudah mencukupi, asetil KoA dapat mengalami lipogenesis menjadi asam lemak dan selanjutnya dapat disimpan sebagai trigliserida.

Atom-atom karbon yang berasal dari glukosa dan asam-asam amino akan diubah menjadi asetil KoA. Sebagian besar asam lemak dan monogliserida tidak larut dalam air ke dalam sel epitel usus enterosit dalam bentuk emulsi.

Perbandingan komposisi penyusun 4 klas besar lipoprotein 1.

Metabolisme Gliserol dan Asam Lemak

Penggunaan primer dari sfingolipid adalah sebagai penyusun selubung mielin serabut saraf. Sebagai penyusun struktur membran sel Dalam hal ini lipid berperan sebagai barier untuk sel dan mengatur aliran material- material. Sebagian kecil glukosa disimpan sebagai glikogen kurang lebih gram dan sebagian kecil metabolisme gliserol disimpan di dalam pooll cadangan asam amino.

Berdasarkan komponen dasarnya, lipid terbagi ke dalam lipid sederhana simple lipidlipid majemuk compound lipiddan lipid turunan derived lipid. Berbagai kelas lipid dihubungkan satu sama lain berdasarkan komponen dasarnya, sumber penghasilnya, kandungan asam lemaknya, maupun sifat- sifat kimianya.

Bagian polar berada di sisi luar, sedangkan bagian non polar berada di sisi dalam Sebagian besar asam lemak dan monogliserida karena tidak larut dalam air, maka diangkut oleh miselus dalam bentuk besar disebut emulsi dan dilepaskan ke dalam sel epitel usus enterosit.

Ikatan ini akan diubah menjadi bahan keton asetoasetat dan masuk ke dalam aliran darah. Glikolemak adalah campuran asam lemak dengan karbohidrat yang mengandung nitrogen tetapi tidak mengandung asam fosfat. Lemak termodifikasi ketika fosfat mengganti salah satu rantai asam lemak.

Proses ini dinamakan ketogenesis. Setelah menjadi asil karnitin, barulah senyawa tersebut bisa menembus membran interna mitokondria.

Aktivasi asam lemak menjadi asil KoA Asam lemak bebas pada umumnya berupa asam-asam lemak rantai panjang. Jika glukosa dari diet tak tersedia dan cadangan glikogenpun juga habis, maka sumber energi non karbohidrat yaitu lipid dan protein harus digunakan.

Pengertian Gliserol

Related Papers. Lemak campuran adalah ester asam lemak yang mengandung gugus tambahan selain alkohol dan asam lemak. Baca juga: Steroid tidak mengandunga asam lemak dan tidak dapat dihidolisis.

Ester antara asam lemak dengan alkohol membentuk malam D. Karena larut dalam air, gliserol masuk sirkulasi portal vena porta menuju hati. Asetil KoA mengalami kolesterogenesis menjadi kolesterol. Secara ringkas, hasil akhir dari pemecahan lipid dari makanan adalah asam lemak dan gliserol.

Aktivasi asam lemak, oksidasi beta dan siklus asam sitrat Telah dijelaskan bahwa asam lemak dapat dioksidasi jika diaktifkan terlebih dahulu menjadi asil-KoA. Selanjutnya sebagaimana asetil KoA dari hasil metabolisme karbohidrat dan protein, asetil KoA dari jalur inipun akan masuk ke dalam siklus asam sitrat sehingga dihasilkan energi.Metabolisme karbohidrat merupakan pusat dari semua proses metabolisme; glukosa dimetabolisme mellui tahap oksidatif yang berlangsung secara aerobik (dalam mitokondrio) maupun anaerobik (dalam sitosol) yang menghasilkan pembentukan ATP (adenosin trifosfat) · Trigliserida: ester gliserol.

Penjelasan Lengkap Materi Sintesis, Jalur Metabolisme Lemak dan Gliserol

Metabolisme lipid Lipid yang kita peroleh sebagai sumber energi utamanya adalah dari lipid netral, yaitu trigliserid (ester antara gliserol dengan 3 asam lemak).

Secara ringkas, hasil dari pencernaan lipid adalah asam lemak dan gliserol, selain itu ada juga yang masih berupa monogliserid.

Nov 02,  · nasib lemak di tubuh (matabolisme lemak, TAG, Gliserol, Asam Lemak bebas) Chrisan Bimo. Loading Unsubscribe from Chrisan Bimo?

E-learning (Metabolisme Lemak) - Bagian 2 -. Pada 13/02/ 13/02/ In Biologi Tagged Biokimia, Gliserol, Metabolisme 1 Comment. Gliserol adalah sebuah komponen utama dari semua lemak dan minyak, dalam bentuk ester yang disebut gliserida.

Molekul trigliserida terdiri dari satu molekul gliserol dikombinasikan dengan tiga molekul asam lemak. Gliserol ditemukan untuk memiliki berbagai. Metabolisme Sel merupakan unit kehidupan yang terkecil, oleh karena itu sel dapat menjalankan aktivitas hidup, di antaranya metabolisme. Metabolisme adalah proses-proses kimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup/sel.

Metabolisme disebut juga reaksi enzimatis, karena metabolisme terjadi selalu menggunakan katalisator enzim. Penjelasan Lengkap Materi Sintesis dan Jalur Metabolisme Lemak & Gliserol - Lemak dan protein juga dapat digunakan sebagai sumber energi bagi tubuh.

Seperti proses metabolisme karbohidrat, metabolisme protein juga melalui beberapa tahapan reaksi .

Metabolisme gliserol
Rated 5/5 based on 99 review